Harga Batu Bata Berdasarkan Jenis-Jenisnya

Batu bata termasuk salah satu bahan material utama yang pada sebuah bangunan. Bahan material ini akan dijadikan sebagai tembok. Kekuatan suatu bangunan sangat ditentukan dari kualitas batu batanya. Oleh karena itu, sebagai konsumen kita harus selektif memilih batu bata yang berkualitas. Kita dapat memperoleh batu bata di toko-toko material bangunan. Harga batu bata berbeda-beda, tergantung kualitas dan jenisnya. Meskipun kita orang awam, kita tetap wajib mengetahui harga berbagai jenis batu bata. Apabila kita tidak paham sama-sekali, kita akan mudah ditipu. Padahal, kita tentu membutuhkan dana untuk keperluan pembangunan lainnya. Jadilah konsumen yang cermat dengan melihat referensi daftar harga batu bata terbaru tahun 2017 berikut ini!

  • Batako

Batako merupakan bahan material yang terbuat dari campuran semen dan pasir kasar. Campuran ini kemudian dicetak padat atau dipress. Selain semen dan pasir kasar, batako juga dapat terbuat dari batu tras, kapur, dan air.  Bahan material ini dikenakan harga sebesar Rp 3.500,- per buah.

  • Batu Bata Merah Biasa

Batu bata merah merupakan bahan material yang sangat mudah ditemukan. Bahan material ini terbuat dari tanah yang dicetak dan dibakar dengan suhu tinggi. Pembakaran tersebut membuatnya menjadi kering, mengeras, dan berwarna kemerah-merahan. Batu bata merah biasa ini dijual dengan harga Rp 725,- per buah.

  • Batu Bata Merah Oven

Sekilas, batu mata merah oven sama seperti batu bata biasa. Namun, bahan material ini memiliki daya tahan yang lebih kuat dari bata merah biasa. Batu bata oven memiliki tekstur yang lebih padat dan keras sehingga tidak mudah patah. Satu batu bata oven biasanya dihargai sebesar Rp 900,-.

  • Batu Bata Ringan

Batu bata ringan merupakan bahan material yang dicetak dari pabrik. Sesuai namanya, bahan material ini cukup ringan. Sementara itu, teksturnya halus dan rata satu sama lain. Bahan material ini memiliki harga yang beragam tergantung ukurannya. Mulai dari Rp 590.000,- hingga Rp 720.000,-.

  • Batu Kali Belah

Batu kali belah berasal dari bongkahan batu kali yang diproses dengan mesin pemecah batu. Bahan material ini pada umumnya digunakan sebagai pondasi bagunan. Batu kali belah dijual dengan harga Rp 185.000,- per m3.

  • Split

Batu split diambil dari batu besar yang dipecah dengan alat bernama stone crusher. Tidak heran, batu ini juga sering disebut sebagai batu belah. Batu split memiliki ukuran yang berbeda-beda. Mulai dari 1 cm hingga 4 cm. Bila memesan 1 pick up batu split, biasanya kita akan dikenakan harga Rp 270.000,-. Sementara bila memesan sebanyak 1 truk, kita dikenai biaya sebesar Rp 1.270.000,-.

  • Batu Knecker

Batu knecker merupakan salah satu jenis batu alam yang dapat digunakan sebagai bahan bangunan. Batu knecker banyak disuka karena memiliki tekstur yang kuat. Harga batu ini ialah sekitar Rp 210.000 per m2.

  • Batu Candi (30 x 30)

Batu candi berasal dari lava yang membeku selama bertahun-tahun. Bahan material ini umumnya dapat ditemui di Pulau Jawa. Batu candi dihargai sekitar Rp 120.000,- per m2.

  • Batu Andesit (30 x 30)

Seperti batu candi, batu andesit juga terbuat dari lava yang membeku. Jadi ketika suhu lava gunung merapi sudah menurun, lava tersebut akan membentuk batu andesit. Bahan material ini dapat digunakan pada dinding interior maupun eksterior bangunan. Batu andesit dihargai sekitar Rp 160.000 per m2.

  • Batu Bali

Batu Bali merupakan salah satu batu alam yang cocok untuk dinding eksterior. Batu ini juga sering disebut sebagai batu serai Bali. Ukuran batu yang tidak berbeda membuatnya menjadi daya tarik sendiri. Bahan material ini biasanya berharga sekitar Rp 70.000 per 10 kg.

Itulah tadi harga batu bata berdasarkan jenis dan kualitasnya. Harga tersebut hanyalah berperan sebagai referensi kita. Untuk mengetahui harga aslinya, kita harus menanyakan langsung pada suppliernya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *